Face & Body Product

Review 5 Jenis Sabun Pyary Varian Saffron Turmeric Nalpamara Neem Blackseed

Pertama kali tahu sabun ini dari twitter dan viral, karena banyak yang cerita sabun pyary terutama varian nalpamara dan turmeric bisa atasi belang di tubuh dan ada juga yang pakai di wajah. Efeknya ada yang bilang mencerahkan, memuluskan, memudarkan warna di wajah. Wow. Sebagai pecinta sabun batang, saya memutuskan untuk membeli 5 varian pyary yang dijual di toko oleh-oleh haji, iti sebabnya sabun ini disebut juga sabun arab tapi made in india.

Perbedaan dan Persamaan Kemasan 5 Varian Sabun Pyary

tampak depan

Keempat sabun (selain turmeric) di pojok kiri ada tulisan new & improvement sedangkan turmeric tulisannya new saja. Keempat sabun jenis saffron, nalpamara, neem dan black seed memiliki tulisan herbal soap, handmade, dan original. Pada kemasan turmeric meski tidak terdapat tulisan original, herbal soap dan handmade, tetapi hanya turmeric varian yang tertera ayurvedic di kemasannya. Ayurvedic tampaknya berangkat dari kata ayurveda, sebuah pengobatan herbal tradisional di India.

perbedaan ketebalan lima jenis sabun pyary

Di dalam kemasannya, masing-masing sabun dibungkus plastik dan ada emboss yang tercetak dipermukaan kedua sisi depan dan belakang sabun. Tiap kotak juga disertakan brosur dalam dua bahasa, arab dan inggris. Masing-masing sabun juga memiliki warna dan aroma yang berbeda. Aroma paling kuat diantara lima jenis sabun pyary ini datang dari sabun varian nalpamara, turmeric dan neem. Varian saffron dan black seed lebih samar aromanya. Somehow, aroma mereka mengingatkan saya dengan wangi sabun batang untuk cuci pakaian merk wings, telepon, atau apa ya merk satu lagi itu. Ya itu lah.

Meskipun sabun turmeric ayurvedic di kemasan kotaknya tidak tertulis handmade tetapi di brosur tertulis handmade. Pada bagian brosur juga terlihat yang tertera tulisan new and improved adalah sabun nalpamara dan saffron. Dalam gambar di brosur dapat dilihat dua jenis sabun pyary mendapatkan export award winner dari kementerian di india dan certified iso yaitu nalpamaran dan turmeric namun hanya sabun turmeric yang terdapat logo chemexcil.

Kegunaan Sabun Pyary Untuk Kulit

Berdasarkan apa yang tertera di brosur sabun batang pyary, Nalpamara merupakan komposisi empat jenis tumbuhan yang berbeda yaitu ficus racemosa (athi) yang berfungsi menyembuhkan kulit, ficus microcarpa (ithi) untuk meningkatkan warna kulit, ficus religiosa (arayal) dapat membantu menangani penyakit kulit, dan ficus bengalenis (peral) untuk menenangkan kulit. Masih dari yang tertera di brosur, komhinasi atau gabungan keempat jenis tumbuhan tersebut efektif untuk mengatasi masalah kulit menjadi lebih baik. Sabun nalpamara berguna untuk menjaga kulit tetap segar, sehat, membersihkan dan mempercantik kulit.

Dari brosur yang terdapat dalam kemasan sabun batang pyary varian turmeric, sabun ini menjelaskan manfaat kunyit secara umum sebagai antiseptik alami yang bisa digunakan pada luka kecil. Zat kurkumin yang ada dalam kunyit bagus untuk persiapan kulit untuk dirawat tetapi untuk kegunaan sabun ini tidak dijelaskan secara spesifik kekhususannya untuk apa.

Hal serupa juga dapat ditemui di tiga brosur sabun pyary jenis lainnya yaitu saffron, blackseed dan neem. Masing-masing brosur tersebut menjelaskan kegunaan inti kandungan komposisi sabun. Saffron dengan nama latin crocus sativus memiliki kegunaan sebagai anti bakteri alami, dapat mencerahkan kulit, bantu membersihkan komedo hitam dan membersihkan pori-pori sehingga kulit tampak bersih terawat dan kencang. Blackseed dengan nama latin nagella sativa berguna untuk kesehatan asma, perut, ginjal dan hati. Anti kanker, anti vitus, analgesic, imun tubuh, anti inflammatory, anti oxidant dan lainnya. Tetapi secara khusus kegunaan sabun jinten hitam jika diaplikasikan ke kulit tidak dijelaskan. Begitupun dengan neem yang bernama latin azadirachta indica, dijelaskan manfaat tumbuhan neem tetapi tidak dijelaskan kegunaan sabun ini jika diaplikasikan ke kulit.

Secara umum semua brosur di sabun menyebutkan sabun pyary dapat membersihkan kulit. Jadi mengenai sabun pyary jenis mana yang bisa dipakai untuk kulit wajah ya saya tidak tahu karena kulit kan organ terbesar dari kepala sampai kaki. Bisa aja mungkin untuk wajah dan tubuh, bisa jadi cocoknya untuk tubuh saja bukan di wajah. Kembali lagi tergantung keadaan kulit. Namun dari yang saya baca di twitter, hampir semua penulis thread sabun pyary mengungkapkan efek pemakaian sabun ini pada kulit tubuh seperti belang di tangan dan kaki. Untuk wajah, ada satu-dua user twitter yang pakai, itupun ada yang ngaruh, ada yang enggak, ada yang ngefeknya wajah makin gelap pun ada. Entah karena ga pakai sunscreen atau skincarenya mungkin kurang cocok di kulitnya.

Komposisi Sabun Pyary Nalpamara, Turmeric, Saffron, Neem dan Black Seed

Komposisi 5 sabun pyary jenis saffron, nalpamara, turmeric, neem dan black seed sama-sama mengandung coconut oil atau minyak kelapa 95%, castor oil 3%, hydno carpus oil 1%, dan kesemuanya tidak mengandung lemak hewan. Masing-masing varian terdapat 1% kandungan utama seperti sabun nalpamara mengandung nalpamara 1%, saffron mengandung saffron 1%, turmeric 1%, neem 1% dan black seed 1%.

Sejauh ini saya baru mencoba sabun pyary turmeric di pagi hari pada wajah dan sabun pyary nalpamara di malam hari pada wajah. Belum habis sabunnya jadi belum bisa berkomentar banyak atau memberi review pribadi menggunakan sabun pyary. Saya suka wangi kelima sabun ini, harganya murah, busanya banyak, ukurannya besar sehingga ga mudah slip di tangan. Pemakaian sabun nalpamara di wajah agak celekit-celekit di wajah saya. Sabun turmeric tidak celekit tetapi pernah busanya masuk mata perihnya bukan main. Pengalaman memakai kedua sabun pyary jenis nalpamara dan turmeric tersebut mengingatkan saya pada pemakaian sabun orange-nya kojie. Celeket, perih, wangi.

Kepadatan sabun pyary juga pas ga cepet benyek atau lembek kalau kena air. Efek setelah bilasnya, kulit terasa kering tapi tidak terasa seperti ketarik. Nalpamara lebih kering daripada turmeric. Tapi nalpamara begitu selesai bilas, memang wajah kelihatan cerah dan bersih. Sedangkan pyary turmeric wajah tampak bersih tapi tidak seperti mencerahkan, kulit ya biasa aja gitu ga tampak lebih putih setelah pakainya.

Pembelian sabun arab ini saya lakukan via shopee star seller plus. Nalpamara, saya belinya disini. Untuk sabun batang pyary turmeric belinya disini juga, Kalau tertarik coba varian pyary yang lain seperti saffron, neem, black seed, toko itu sudah sediakan semuanya ya. Termasuk varian pyary lainnya seperti papaya, cucumber, aloe vera dan goat’s milk.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan